Senin, 21 Juli 2014

BISNIS STARTUP? INI TIPSNYA

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia yang dibarengi dengan peningkatan pertumbuhan masyarakat dengan pendapatan menengah ke atas, membuat kemampuan berbelanja masyarakat menjadi meningkat. Fenomena ini diprediksi akan terus meningkat untuk beberapa tahun ke depan seiring masyarakat yang kian akrab dengan dunia maya. Hal ini yang membuka peluang lebih lebar untuk berkembangnya bisnis startup
Arti kata startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan yang sedang pada tahap ini adalah perusahaan yang belum lama berdiri dan sedang dalam pengembangan dengan pencarian pangsa pasar yang sesuai. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi internet sebagai fasilitas pemasaran. 


Salah satu pelaku bisnis startup yang kini telah sukses adalah Andreas Christiadi. Pria pendiri TalkMen.com ini mengatakan, untuk memulai bisnis startup seseorang harus memiliki 3 hal penting:
  • Mental. Berani menjadi pebisnis berarti berani untuk bertarung. Pebisnis harus bermental baja dan tangguh. Banyak rintangan dan permasalahan rumit yang datang dan harus segera diatasi, termasuk jika mendapati kondisi yang buruk sekalipun seperti saat mengalami kegagalan. Pebisnis harus cepat bangkit, pantang menyerah dan siap untuk bekerja keras.
  • Sense of urgency. Banyak hal akan terjadi selama menjalankan bisnis. Pebisnis yang baik harus fokus pada hal-hal penting yang menunjang perkembangan perusahaanya ke depan. Tidak ada penundaan. Semuanya harus dilakukan sekarang, bukan besok atau lusa. Sehingga didapatkan gembaran nyata kemajuan perusahaan setiap harinya. Hal ini akan mengingatkan pebisnis untuk selalu fokus pada tujuan awal didirikannya perusahaan.
  • Financial plan. Seorang pebisnis rentan akan stress. Terutama jika berhubungan dengan keuangan. Pada awal bisnis, akan lebih banyak uang yang keluar. Sedangkan pemasukan belum tentu sesuai harapan. Ini akan menjadi dilema. Di satu sisi uang yang dikeluarkan demi pengembangan perusahaan, di sisi lain uang harus dihemat agar perusahaan tetap hidup. Karenanya pebisnis perlu memiliki rencana keuangan. Ini kan sangat membantu untuk mengatur pengeluaran uang secara tepat sesuai dengan kebutuhan, sehingga bisnis mampu bertahan dengan baik.
Bisnis startup bukan tanpa masalah.  Namun yang terpenting adalah tidak berhenti untuk mencoba dan berusaha. Manfaatkan semua peluang yang ada. Sharing kepada sesama pebisnis atau senior dapat menjadi pilihan. Satu hal yang harus diyakini, tekanan yang anda dapat akan membentuk mental anda menjadi lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berbagi komentar